Wednesday 18 June 2008

Daun Alfalfa

Gambar diambil dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Alfalfa

Kata Alfalfa sudah tak asing lagi bagi saya, karena sudah beberapa bulan ini saya mengkonsumsi liquid Chlorophyl yang merupakan ekstrak daun Alfalfa. Cairan hijau ini selalu tersedia di kulkas saya dan menjadi bagian dari menu harian. Awalnya saya masih ragu dengan keampuhan zat hijau daun dari tumbuhan Alfalfa ini, tapi setelah saya konsumsi baru ada terasa manfaatnya. Keluhan pada pencernaan mulai berkurang, dan bersin pagi juga sudah jarang. Mungkin kandungan Alfalfa yang kaya akan mineral esensial, seperti kalsium, kalium, sulfur, magnesium, sodium, yodium, zat besi, selenium, boron dan krom membuatnya menjadi nutrisi lengkap yang sangat baik untuk kesehatan. Sejauh itu, yang saya ketahui hanyalah bahwa tumbuhan ini mempunyai panjang kurang lebih semeter dan akarnya bisa mencapai puluhan meter, sehinga memungkin untuk menyerap zat-zat yang baik dari tanah, dan tumbuhnya di daerah gurun pasir seperti daerah Arab.
Ket gambar= Bal-bal Alfafa di sebuah kebun. Gambar diambil dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Alfalfa

Setelah saya baca di situs ensiklopedi graftis saya baru mendapatkan informasi yang lebih jelas bahwa Alfalfa (Medicago sativa) adalah satu tanaman berbunga di dalam keluarga kacang polong Fabaceae ditanami sebagai suatu tanaman pakan penting. Alfalfa adalah sejenis kacang polong yang tetap hijau pada musim dingin yang hidup dari tiga sampai duabelas tahun, tergantung pada iklim dan variasi. Tumbuhan ini menyerupai semanggi dengan bunga-bunga ungu kecil.

Alfalfa mempunyai nilai nutrisi paling tinggi dari semua tanaman panenan rumput kering umum. Sistem pengakarannya mudah beradaptasi, hasilnya mempunyai kemampuan paling tinggi mencari zat makanannya ke mana-mana. Penggunaan primernya adalah sama dengan makanan untuk sapi perah, dan juga untuk lembu daging sapi, kuda-kuda, domba-domba, dan kambing-kambing. Manusia juga makan sayuran tumbuhan Alfalfa, di dalam sandwich-sandwich dan selada-selada, misalnya. Dibeberapa tempat dikonsumsi sebagai sayuran daun. Dewasa ini konsumennya bertambah dikarenakan terutama oleh isi serabut tinggi tumbuhan tersebut. Daun tumbuhan Alfalfa biasanya dikeringkan dan secara komersial tersedia sebagai suguhan berkenaan dengan aturan makan di dalam beberapa bentuk, seperti tablet-tablet, teh dan bedak-bedak. Tumbuhan Alfalfa dipercaya oleh sebagian orang untuk menjadi galaktagoga, satu unsur yang mempengaruhi masa menyusu anak.

Di Indonesia sekarang malah telah dijumpai di beberapa swalayan terkemuka tauge Alfalfa.Dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh, bersifat antioksidan pencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Tauge ini juga mampu mengatasi alergi, mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Alfalfa kaya akan serat yang dapat mengiklat lemak dan zat karsinogen penyebab kanker di dalam saluran pencernaan. Tingginya serat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit sehingga sangat baik bagi penderita susah buang air besar.

Di sebuah perusahaan maju yang bergerak di bidang makanan kesehatan menjadikan ekstrak daun ini sebagai produk andalannya. Sudah banyak terbukti ekstrak daun ini memberikan manfaat bagi kesehatan bahkan berdaya penyembuh.

Ket gambar = Tauge Alfalfa. Diambil dari: http://budiboga.blogspot.com/2007/02/manfaat-tauge-alfalfa.html

13 comments:

xYang ... lashing the lazy me said...

Dear Sir,

I wonder if you know any farmer who plants this Alfalfa in big amount? A Taiwanese friend of mine is interested on importing it, to feed cows.

Thank you and have a nice day!


Regards,
maria

yaser amri said...

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, Maria, saya yakin anda bisa berbahasa Indonesia dengan baik, karena anda nyatanya bisa membaca tulisan saya tentang Daun Alfafa yang berbahasa Indonesia.

Dan saya rasa anda juga adalah seorang anggota MLM yang merasa terganggu dengan keberadaan produk Liquid Chlorophyll. Mengapa saya berani berkesimpulan demikian? Ah.. selain cuma insting saja, pertanyaan senada sering diarahkan teman-teman dari MLM lain dengan tujuan merendahkan produk Liquid Chlorophyll dengan menjulukinya sebagai makanan ternak. Tapi kalau intsing saya salah, saya mohon maaf. Dan sekali lagi saya mohon maaf karena saya tak kenal satu pun petani Alfafa. Tapi satu yang pasti, di Indonesia sepertinya tumbuhan ini belum dibudidayakan secara besar-besaran sehingga pantas untuk diekspor..

Kalau intsing saya benar, Saya tidak akan menyangkal anggapan anda dan memang dalam tulisan saya tentang daun Alfafa diatas saya perjelas bahwa di negara-negara tertentu daun Alfafa ini sudah lama dikenal sebagai makanan ternak, hanya di tempat-tempat tertentu saja orang menyantapnya sebagi sayuran. Tetapi setelah diteliti ternyata tumbuhan ini mempunyai nutrisi yang tinggi dan benar-benar multi-khasiat sehingga akhirnya orang mulai mengkonsumsinya secara luas.

Tanaman di Indonesia yang mempunyai zat kloropil yang tinggi adalah daun Katu. Kalau ternyata ternak juga suka makan daun Katu bukan berarti daun Katu adalah makanan ternak. Sama dengan Genjer, sayur yang biasa dikonsumsi orang, khususnya Jawa, di daerah saya adalah makanan kelinci paling favorit.

Unknown said...

Dear Yaser Amri and Maria,
Incidentally I visited your blog and read your nice article and comment on alfalfa products. I am helping a Manitoba company to develop Alfalfa product for world wide market,please visit (http://www.sunprime.ca/index.php?p=Executive%20Summary). Please let me know if any help I can do for you on alfalfa information/issues.
Sunridge Forage Ltd.(Sunprime affiliate company) also exports alfalfa hay to Japan and other countries.
Besides English, I can communicate in Indonesia and Mandarin as well.
My contact email: harsono888@gmail.com
Rgds,
Harsono
Coquitlam BC, Canada

Unknown said...

trimakasih infonya...

kunjungi juga


http://trojandecoder.blogspot.com/

natural beauty said...

ternak dan tumbuhan alfalfa kalau dihubungkan dengan manusi seperti rantai makanan. kalau kita menyantap ternak yang memakan alfalfa seharusnya efeknya lebih dahysat kali ya?

Anonymous said...

That is a good tip particularly to those fresh to the blogosphere.
Short but very precise info… Thank you for sharing this one.
A must read post!

Here is my web page :: www.ronaldoattack.com

Anonymous said...

Howdy, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering
if you get a lot of spam responses? If so how do you stop
it, any plugin or anything you can recommend? I get so much lately
it's driving me mad so any assistance is very much appreciated.

My blog :: Http://Www.Steveblisslaw.Com/San-Diego-Estate-Planning/

Anonymous said...

Howdy, i read your blog from time to time and i own a similar one and
i was just wondering if you get a lot of spam feedback?
If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?
I get so much lately it's driving me mad so any assistance is very much appreciated.

Here is my webpage - www.chrysalidegdf.com

Anonymous said...

I've read several just right stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I surprise how much effort you set to create this sort of excellent informative site.

Also visit my blog post Newport Beach catering

Anonymous said...

Simply want to say your article is as amazing.
The clarity in your post is simply spectacular and i could assume you are an expert on this subject.

Well with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post.
Thanks a million and please continue the rewarding work.


Visit my webpage Makerting Video

Anonymous said...

I have been exploring for a little bit for any high-quality articles or blog posts on this kind of area .
Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site.

Reading this info So i'm satisfied to show that I have a very just right uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much undoubtedly will make certain to don?t fail to remember this site and provides it a glance regularly.

Also visit my homepage - group health insurance

Unknown said...

Saya akan budidayakan Alfalfa untuk kebutuhan sendiri dan teman sekitar.

Unknown said...

Saya akan budidayakan Alfalfa untuk kebutuhan sendiri dan teman sekitar.